Rabu, 30 Oktober 2013

Misteri Arca Dwarapala

      Arca Dwarapala adalah patung penjaga gerbang atau pintu dalam ajaran Siwa dan Budha, berbentuk manusia atau monster. Biasanya dwarapala diletakkan di luar candi, kuil atau bangunan lain untuk melindungi tempat suci atau tempat keramat didalamnya. Di Desa Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang terdapat 2 arca Dwarapala yang tingginya sekitar 3,7 M,  Dua arca tersebut tepatnya di sebelah barat kompleks Candi Singosari. Dua arca tersebut diperkirakan merupakan pintu gerbang kerajaan Singosari.
     Sampai saat ini belum ada sumber informasi yang jelas , kapan kira-kira patung ini di buat . Kalau memang benar kedua Arca ini adalah pintu gerbang dari Kerajaan Singosari , maka letak kerajaan tersebut dimana? dan selama ini apa saja sisa-sisa yang ditemukan selain  Candi dan arca ?... apakah anda tertarik untuk memecahkan misteri  dan menggali peninggalan Kerajaan Singhasari yang lain ? 

     Dari sekian gambar , kami memperkirakan 2 gambar ini adalah Foto paling tua yang pernah diambil. Entah tahun berapa.
Dwarapala Sebelah Selatan
Dwarapala sebelah Utara

1 komentar:

  1. kalo Dwarapala selatan itu pernah ambles masuk ketanah , pada tahun 80-an diangkat dan diletakkan di pondasi sampai sekarang. Nah kalau yang sebelah utara itu kelihatan kalau dibelakang arca ada tumpukan batu , sekarang kok nggak ada ya..

    BalasHapus